Racauan Nyai'

Ini Perang Saya?

“Don’t make his generation fight our battles”

Pagi ini saya mengintip isi Tumblr dan bersyukur ada saja hal-hal yang mengingatkan saya tentang impian saya. Dan quote di atas adalah salah satunya.

Salah satu alasan yang membuat saya, kata orang, ribet memikirkan dan melakukan apa yang katanya-seharusnya dilakukan dan dipikirkan oleh pemerintah. Tapi saya tidak ingin anak-anak saya nantinya bergelut dalam permasalahan serupa yang dari jaman generasi-generasi di atas saya masih dijadikan permasalahan sampai ke generasi saya.

Saya ingin anak-anak dan cucu saya memperjuangkan hal lain, menghadapi cobaan-cobaan lain…

Saya memikirkan, mau sampai kapan bangsa ini mempertahankan mental tempe? Mental budak? Mau sampai kapan bangsa ini mudah dipecah karena perbedaan suku dan agama? Mau sampai kapan bangsa ini mengeluhkan tentang derajat perempuan dan pria? Mau sampai kapan bangsa ini mengeluh tentang banjir tapi masih buang sampah sembarangan? Mau sampai kapan bangsa ini mengeluh kapan Indonesia bisa maju kalau terus krisis kepercayaan pada karya tanah air? Mau sampai kapan bangsa ini membanding-bandingkan tanah air dengan tanah orang lain? Sampai kapan bangsa ini terus-terusan bergantung pada pemerintah kalau tiap kepala punya lima, bahkan enam indera sekaligus?

Permasalahan turun-menurun yang diperdebatkan, diprotesi, dianarkisi, namun tidak disolusikan atau tepatnya tidak ada yang mau melangkah keluar dari lingkaran setan. Ketika ada mereka yang keluar bersama-sama diprotesi, dianarkisi, diperdebatkan pula. Musyawarah tidak jadi menuju mufakat lantaran bangsa kepingin terus-terusan menjadi rakyat karena sudah dijanjikan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

Saya tahu rasanya menyesal…mungkin apa yang saya lakukan ini tetap akan membuat saya menyesal, tapi saya tidak ingin berdiam diri. Berdiam diri tidak akan membuat masa depan datang.

Salam kece,

NAD

Tinggalkan Balasan

