Ruang Rupa

Industri Fashion Sedang Berusaha Membersihkan Imej?

Industri fashion memang selalu menarik untuk diperhatikan, khususnya karena saya juga jurnalis fashion dan sangat menikmati fashion. Hehe…

Sepanjang tahun kemarin isu yang paling menjadi sorotan di dunia fashion adalah model di bawah umur yang berkeliaran di fashion week dan catwalk brand ternama, serta isu sepanjang zaman, anorexia dan citra tubuh juga kecantikan.

Well, bukan cerita baru kalau industri fashion menjadi salah satu yang mempromosikan mitos kecantikan perempuan. Perempuan putih, mulus, tinggi, kurus, rambut panjang, memakai produk fashion ternama, bla, bla, bla…kita seperti dijejalkan banyak aturan, sulitnya jadi perempuan, sulitnya jadi cantik…mitos kesempurnaan secara fisik.

Mitos-mitos ini berubah menjadi tekanan, hasilnya adalah? Operasi plastik, korban iklan, korban mode, anorexia, bulimia, menjadi sederet dampak negatif yang begitu melekat erat pada dunia fashion. Mau didiskusikan sesering apapun, masih belum menemukan titik temu, siapa yang memulai? Siapa yang harus bertanggung jawab?

Daripada sibuk bertanya-tanya, ke-19 fashion editor majalah Vogue beraksi! How? Dengan sepakat tidak menggunakan model-model di bawah umur, dan yang menurut saya paling luar biasa adalah menerapkan peraturan untuk memakai model dengan tubuh yang sehat, alias no more too skinny model! Walaupun Israel sudah lebih dulu melakukannya, tapi bagi saya ini adalah gebrakan besar. Kita tahu sendirilah, fokus utama Vogue berada pada editor-in-chief fashion paling berpengaruh di dunia, Anna Wintour, yang terkenal cuek menanggapi isu-isu di seputar ranah fashion.

But wait, apa ini ada kaitannya dengan dukungan Anna Wintour terhadap Obama? Apakah Obama membuat Anna ‘memperlembut’ citra fashion, mengingat Obama memiliki putri-putri yang tengah beranjak dewasa, dan sebagai orang tua agaknya waspada dengan citra perempuan yang ditawarkan majalah fashion besar tersebut.

Entah ada niat apa dibalik perubahan besar ini, jelasnya saya merasa masih berada dalam batasan normal dan menggembirakan. Kita tidak perlu lagi dijejalkan dengan citra kecantikan, kesempurnaan dan bla, bla, bla.

Salam kece,

NAD

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s