Racauan Nyai' / Ruang Rupa

Mengamati Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Model

Saya coba membahas suatu fenomena di Malang dulu, tempat saya tinggal sekarang. Sebenernya lucu melihat begitu banyak pemudi Malang yang mengaku sebagai model, tapi mereka bahkan nggak punya usaha untuk belajar jadi ‘model yang sebenarnya’. Kebanyakan bermodal wajah cantik dan body semloheh, biasanya fotografer baru doyan nih ama yang begini, model yang bisa gratisan, dan biasanya keterusan.

Pose menyatu dengan konsep, make up dan busana

Model itu bukan cuma tentang wajah cantik dan body kurus. Percuma kalau kalian punya dua itu tapi nggak mau berusaha, nggak mau eksplor, dan parahnya, nggak fotogenik! Kalian bisa aja cewe cantik yang dipuja banyak cowo, tapi belum tentu kamera memuja kalian. Kesalahan dari mereka yang mengaku model adalah tipikal 1 ekpresi. yang kalo di foto beda lokasi, beda make up, beda konsep, beda fotografer, ekspresinya itu-itu aja. Yang dibutuhkan untuk menjadi model adalah karakter! Kedua, nggak bisa pose. Males banget! Model itu dituntut untuk luwes mengikuti perintah pose dari stylist, fotografer atau klien. Pose dengan susu menantang, bokong ‘njentit’ dan lidah melet itu sangat tidak model! Yang ketiga, parahnya nggak mau belajar!

Crsytal Renn - Ekspresi dan pose, seperti berakting, menyelam dalam peran

Hal-hal di atas udah sering banget saya temuin. Heelll—oooooooooooo! Sekarang jaman udah modern banget! Majalah fashion bergelimpangan, web fashion ribuan, gimana bisa nggak belajar?! Apa karna sering difoto? Puhlis! Ketika fotografer dipuji, belum tentu model melaksanakan tugasnya dengan baik, begitupula sebaliknya.

Mungkin keliatannya menyenangkan ya, jadi model? Di foto, keliling dunia, pake baju designer, dan lain-lain. Tapi semua bukan tanpa pengorbanan. Nggak ada yang namanya model protes sama baju yang dikaih stylist, bahkan supermodel aja bisa menjaga attitude mereka. Nggak ada yang namanya model protes karna lokasi nggak nyaman, bla, bla, bla. Kecuali kalo kalian nggak dibayar, kalian bisa rewel (:p)

Anja Konstantinova

Haha…mungkin saya melihatnya dari sisi stylist dan fashion designer. Saya sering banget nemuin model yang susah diarahkan, tidak tahu cara berekspresi, tidak tahu cara menyesuaikan diri dengan konsep, tidak tahu bagaimana membawa attitude pada busana dan make up yang dipakai, dan itu sangat mengganggu. Ditambah lagi, saya suka dengan pose yang membutuhkan keluwesan, jadi kalo si model rewel rasanya pingin saya getok pake gunung. I mean, how can u say that u are a model, u can’t even pose!

Daphne Groeneveld

Kalau wajah model sangat unik dan berkarakter, akan menjadi nilai super plus! Seperti Eboni, saya nggak habis pikir gimana dia bisa seseksi itu dengan kulit hitam legamnya! Trus Daphne Groeneveld. Menurut saya dia adalah salah satu model yang ditakuti fotografer amatir, karna biasanya mereka tidak bisa kalau tidak memotret objek yang cantik. Dan Daphne tidak cantik, tapi dia luar biasa uniknya. Atau Gemma Wards yang dulunya dibilang mirip Alien, tapi sekarag dibilang angel face.

Ada perempuan cantik tapi di foto dia nggak lebih dari sekedar cantik ‘oh…’, lalu bosan. Ada model fotogenik, tapi karna belum bisa eksplor, dia disebut model katalog. Trus ada yang namanya’ model yang wajahnya sangat editorial’, bisa disebut supermodel, bisa dipastikan selain muncul di catwalk dia juga sering muncul di fashion spread majalah fashion.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Cantik dalam dunia model kini bukan cuma sekedar cantik, kaki jenjang, tubuh langsing, atau…anorexia, nop! Saat kalian ingin menjadi model, pastika kalian mampu berekspresi, berpose, berkarakter kuat, dan usaha!

Sekian dulu, selamat mencoba menjadi model,

salam kece,

NAD

Iklan

4 thoughts on “Mengamati Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Model

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s